Posts

Perjalanan Menuju Pink City, Jaipur Negeri Para Raja

Bulan Agustus cuaca di India sangat panas. Pelataran sebelah kanan gerbang masuk taman Taj Mahal sementara sebagai tempat beristirahat sebelum saya beranjak. Persedian air minum sudah hampir habis setelah saya bagi untuk seorang Ayah yang tidak tahan melihat putrinya kehausan setelah berkeliling Taj Mahal. Seorang lelaki gempal mendekat dan meminta air minum botal yang saya tenteng saat saya sedang bergegas ingin pergi ke toilet. Dirinya mengiba agar diriku rela berbagi untuk putrinya. Saya berikan, sementara saya berusaha ke bangunan kecil di paling pojok Taman Taj Mahal dan di samping bangunan itu terdapat perpustakaan. Sudah berada diujung lalu kemudian seeeeerr, lega sekali rasanya. Saya bertemu kembali dengan sang Ayah dan mengembalikan botol minuman milik saya. Sudah setengah dan saya senang melihat anaknya yang lelah terlihat lebih cerah.  Di Pelataran dengan tembok berwarna merah dan pilar-pilar kokoh menyangga terdengar lagu yang tak asing di telinga.

Explore India Bagian 1: Perjalanan Dari Chennai ke Agra Demi Melihat Taj Mahal

05.00 AM Tidel Park Sopir taxi online telah menunggu di depan Tidel park. Kantor IT ini berhadapan dengan stasiun Throvanmayur, aku berjalan dari guest house selama kurang lebih 10 menit untuk kemudian menemukan plat kendaraan yang tampil pada layar aplikasi. Terlalu pagi untuk mendengar suara bising kereta, begitupun klakson bus dan auto. “Chennai central, sir” Sang sopir menekan tombol pick up pada aplikasi smartphone yang tergantung di spion depan tempat Ia mengemudi dan menekan gas mobilnya pelan diikuti dengan pertanyaan singkat yang mengawali obrolan kami hingga sampai di tempat tujuan. 05.25 AM Chennai Central Station Hiruk pikuk stasiun mewarnai kedatanganku setelah turun dari taksi. Begitu pula dengan orang-orang, hilir mudik tak henti,keluar masuk stasiun. Hanya saja yang tak nampak tapi sangat jelas terasa ialah debu dan asap knalpot . Matahari belum juga beranjak dari peraduan. ______ Seharusnya aku sudah berada di kereta menuju ke Delhi pada pagi saat sedang berada d

Tamil Nadu Bukan Hanya Tentang Tollywood, Berikut Tempat Yang Bisa Kamu Explore di Salah Satu Kota di Tamil Nadu, India

Shore Temple Hari sabtu yang cerah dan seperti biasa Tamil Nadu panasnya tidak pernah berubah. Berada di selatan India Tamil Nadu merupakan salah satu state di India yang terkenal dengan sikap ramah dan hangat kepada orang asing. Selain itu, daerah yang terkenal dengan sebutan Tollywood untuk produksi perfilman nya ini diketahui masih kental dengan budaya dan adatnya. Berbahasa asli tamil, Tamil Nadu memiliki beberapa tempat wisata yang patut untuk dikunjungi. Tempat-tempat tersebut juga pernah dijadikan sebagai salah satu tempat syuting beberapa film box office Bollywood dan tidak sedikit oleh film Tollywood tentu saja. Chennai sebagai pusat kota Tamil Nadu adalah tempat yang begitu nyaman untuk dikunjungi. Chennai yang dulu bernama Madras ini mencatat sejarah panjang mengenai para peniliti dan peraih nobel di dunia. Akhir pekan merupakan waktu yang tepat untuk menikmati Tamil Nadu, perjalanan awalku saat berada di Chennai adalah mengunjungi Mamallapuram. Terkenal dengan nama

ITEC India: Selamat Datang di Chennai, Tamil Nadu

Jakarta, 25 Juli Pagi itu sangat bersahaja dan begitu ramah. Alarm di handphone cukup membantu memberikan peringatan agar segera untuk bersiap-siap. Pesawatku terbang pada pukul 5.25 pagi sekali. Bahkan matahari pagi masih enggan untuk beranjak. Temanku sudah siap satu jam sebelumnya. Pagi saat itu terasa ramah karena dia begitu baik untuk membantu tempat tinggal dan antar jemput ke bandara. Ketika semua telah beres, kami pun langsung berangkat. Penerbanganku bersama seorang teman dari salah satu kota di Jawa Tengah, dia adalah seorang dosen di salah satu Universitas Negeri terkenal di sana. tercantum di email, bahwa penerbanganku bersama dia. Pada tiket tercantum rute penerbangan Jakarta-Singapore-India. Singapore, 25 Juli Pukul 09.00 Pesawat yang kami tumpangi akhirnya sampai di Singapore. Perjalanan selama tiga jam cukup membuat kesan yang menarik bagi kami. Pesawat yang kami tumpangi begitu nyaman. Kami di Singapore transit selama satu jam. Pada pukul 10.30 kami mel

Buat Kamu Yang Ingin Belajar ke India, Program ITEC Patut Kamu Coba

Sebenarnya saya bingung mau memulai tulisan ini darimana. Tetapi, saya ingin sekali bercerita banyak hal tentang semua perjalanan saya selama di India. Baik buruknya, bagian senang bahagianya dan suka dukanya. Namun, rasanya tidak elok jika saya tidak bercerita, kenapa saya sampai bisa menginjakkan kaki di negeri rempah-rempah ini. Berawal dari sebuah website ini ITEC dimana pada suatu sore yang cerah saya iseng untuk mengklik seperti yang mungkin kalian akan lakukan sekarang. Indian Technical and Economic Cooperation (ITEC) Program merupakan salah satu program beasiswa belajar singkat yang ditawarkan oleh pemerintah India di bawah Ministry of External Affairs, Government India untuk para pemula dan profesional dalam bidang pekerjaan yang saat ini sedang digeluti. Terdapat puluhan program yang salah satunya bisa kalian pilih sesuai dengan bidang pekerjaan. Supaya lebih jelasnya bisa langsung klik di sini . Kemudian perasaan saya mulai mempengaruhi diri saya. Seolah berbisi

Dakshina Chitra, The Magnificent Integrated Area in Chennai

Dakshina Chitra ICT for Rural Development Course visited Dakshina Chitra to see India's culture from different perspectives. Located in East Coast Road, Mutukadu, Chennai, Dakshina Chitra is a Museum Village where we can learn cultures, art activities and tools that had been existing long time ago and some replica of houses that are commonly habituated by people in the southern part of India. Those consist of Kerala's state house, Tamilnadu’s and Karnataka's state house. Dakshina Chitra Museum is an integrated place to see the cultures of the diverse people of India with emphasis on Tamil Nadu, Kerala, Andhra Pradesh and Karnataka. It takes more than one hour to reach this magnificent-integrated museum. We were warmly welcomed when arriving and felt the truly Indian atmosphere when entering the museum area. We stepped for the first time on the ground area and saw the gate. The receptionist officer was giving the excellent service to us. She gave us a brochure and l

Mengintip Budidaya Lobster di Teluk Bumbang

Provinsi NTB memiliki potensi Sumber Daya laut, pesisir dan pulau-pulau kecil yang cukup besar. Sumberdaya ini mencakup berbagai jenis ikan yang dimanfaatkan dalam kegiatan perikanan, tangkap, budidaya, pengolahan hingga pemasarannya. Hal ini juga didukung oleh ekosistem terumbu karang, mangrove dan padang lamun yang beraneka ragam . sehingga mendukung kegiatan wisata bahari, alur laut untuk pelyaran, hingga potensi bahan tambang yang bermanfaat bagi penyediaan energi dan bahan baku industri tambang maupun manufaktur lainnya. Walaupun saat ini pariwisata di NTB semakin meningkat dan menjadi daya tarik terkuat wisatawan berkunjung ke provinsi yang terdiri dari pulau Lombok dan pulau Sumbawa ini. Tetapi di tengah geliat pariwisata yang menjadi omongan oleh semua kalangan saat ini, Sumber Daya perikanan juga masih tetap menjadi bagian kehidupan masyarakat pesisir sebagai mata pencharian utama masyarkatnya. Pesisir di pulau Lombok misalnya selain tiga gili yaitu Gili Meno, Air dan Tr